Minggu, 10 Februari 2013

17.128 Warga Medan Alami Aangguan Gigi dan Gusi

Sabtu, 26 Januari 2013 12:31

Starberita - Medan, Sebanyak 17.128 warga Medan mengalami empat jenis gangguan gigi dan gusi. Empat jenis gangguan gigi dan gusi diantaranya gingivitis (gusi meradang), periodontal (radang jaringan penyangga gigi), pulpitis (pulpa gigi bagian dalam) dan periapikal (infeksi gigi).
Menurut Dokter Gigi Atma Wijaya menjelaskan, satu persatu mengenai keempat jenis penyakit gusi dan gigi itu. Kata dia, gingivitis merupakan gusi meradang dan mudah berdarah yang disebabkan kekurangan vitamin C.

“Pada ibu hamil, gingivitis bisa semakin memburuk karena disebabkan oleh perubahan hormonal, ditambah lagi kurangnya menjaga kebersihan mulut karena wanita hamil sering merasa mual di pagi hari. Gejala gingivitis ini terjadi ketika menggosok gigi atau makan, gusi seringkali berdarah,” katanya.

Sedangkan periodontal hanya terjadi apabila plak dibiarkan menumpuk pada permukaan gigi, terutama pada permukaan yang berbatasan dengan gusi. “Bakteri pada plak akan mengeluarkan racun yang merangsang gusi sehingga timbul radang gusi. Makin lama, proses radang akan menjalar sepanjang akar gigi dan merusak jaringan pengikat akar gigi dan tulang alveoli,” jelas Atma.

Pada penderita periodontal  tidak ada rasa sakit sebagai pertanda adanya radang, tetapi proses penyakit dapat berjalan bertahun-tahun lamanya tanpa disadari oleh penderita. Akhirnya gigi menjadi goyah dan mengganggu di waktu mengunyah sehingga perlu dicabut.

Sementara pulpitis adalah peradangan yang terjadi pada pulpa gigi sehingga menimbulkan rasa nyeri.“Penyebab utamanya karena adanya pembusukan gigi. Dan mendiagnosa pulpitis ini harus berdasarkan penyebab, gejala, dan hasil pemeriksaan fisik,” ungkapnya.

Sedangkan abses periapikal, adalah pengumpulan nanah yang telah menyebar dari sebuah gigi ke jaringan di sekitarnya, biasanya berasal dari suatu infeksi.“Biasanya gejala nya seperti gigi terasa sakit, bila mengunyah juga timbul nyeri. Kemungkinan ada demam disertai pembengkakan kelenjar getah bening di leher. Jika sangat berat, di daerah rahang terjadi pembengkakan,” ungkapnya     
    
Diakuinya, gigi adalah bagian tubuh yang cukup penting bagi manusia. Oleh karena sangat penting sekali untuk merawat gigi dengan baik dan benar sehingga gigi selalu sehat dan tampak indah.“Rajinlah menggosok gigi minimal dua kali sehari, setiap enam bulan minimal sekali periksa gigi ke dokter gigi, jangan sering makan terlalu manis, panas dan dingin, serta banyak mengonsumsi buah-buahan,”katanya.(ULF/MBB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar