Minggu, 10 Februari 2013

Waspada, Karang Gigi Rusak Gusi Anda


Niken Anggun Nurani - Okezone 
KARANG gigi menjadi salah satu masalah kesehatan gigi yang banyak ditemui. Kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan gigi menjadi salah satu penyebab karang gigi.

Pentingnya menggosok gigi dua kali sehari ternyata memang memberikan efek yang bermanfaat bagi kesehatan gigi. Manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah mencegah timbulnya karang gigi yang merusak kesehatan rongga mulut.

"Banyak yang tidak tahu bahwa karang gigi tumbuh akibat kurangnya kesadaran menjaga kebersihan gigi. Sisa makanan yang tertinggal akan menumpuk dan menimbulkan karang gigi. Karang gigi ini tumbuh pada daerah sekitar gusi. Jika dibiarkan dapat membuat gigi Anda radang," ungkap Drg. Irma Prihatiani, saat ditemui Okezone di klinik Himmah Husada Karya Utama, Rangkasbitung, Banten, Senin (24/12/2012).
Drg. Irma menambahkan, banyak pasien rata-rata memeriksakan kesehatan gigi mereka setelah timbul rasa sakit yang mengganggu.

"Tidak heran memang, masyarakat banyak yang acuh tak acuh terhadap kesehatan rongga mulut mereka. Setelah terasa sakit, pasti baru datang ke dokter gigi untuk diobati dan dibersihkan dari karang gigi," jelasnya.

Karang gigi yang menumpuk bisa menyebabkan radang pada gusi, karena karang gigi memang merusak gusi. Jika dibiarkan, karang akan menyerang daerah lunak gusi dan menimbulkan radang, bengkak, yang lebih parah adalah adanya infeksi. Jika tidak segera diobati, radang ini bisa mempengaruhi kesehatan Anda yang lain. Kita tahu bahwa infeksi pada gusi sering dikaitkan dengan komplikasi penyakit, seperti kardiovaskular akibat dari masuknya bakteri lewat darah yang disebabkan oleh kerusakan pada gusi.
(tty)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar